Menggunakan search engine Google secara optimal

 

 

Affan Basalamah <affan@itb.ac.id>

 

Artikel pendek ini membahas pengalaman penulis dalam menggunakan sebuah search engine bernama Google. Penulis merasakan search engine Google memiliki fitur-fitur yang sangat membantu dalam mencari informasi di Internet. Penulis melihat masih banyak orang yang belum mengetahui potensi search engine Google ini, menggunakannya semaksimal mungkin, dan saat ini penulis sangat bersenang hati untuk membagi pengalaman ini kepada pembaca sekalian.

 

Sudah menjadi kebiasaan pengguna Internet untuk memanfaatkan search engine dalam mencari informasi. Cukup masukkan sebuah kata kunci / keyword, maka semua informasi (yang berhasil di-index / didaftar oleh search engine yang bersangkutan) yang berkaitan dengan kata kunci tersebut akan muncul ke layar browser web anda. Untuk beberapa orang, ini cukup memuaskan.

 

Untuk beberapa orang yang lain, search engine biasa tidak cukup memuaskan. Terkadang hasil pencarian memunculkan halaman web yang belum tentu mengandung informasi yang diinginkan pengguna. Terkadang pengguna harus menelusuri hasil pencarian tadi, yang terkadang sangat banyak, sementara pulsa telepon atau ongkos warnet terus berjalan, sementara kita masih belum memperoleh informasi yang kita inginkan.

 

Sebuah search engine bernama Google (www.google.com) menawarkan alternatif pencarian informasi yang jauh lebih baik dibandingkan search engine lainnya.

 

 

1.    Mencari di Google

 

Langkah pertama untuk mencari informasi dengan menggunakan search engine Google adalah masuk ke situs http://www.google.com. Akan muncul tampilan sederhana dengan sebuah box dimana anda dapat memasukkan kata yang akan anda cari (Gambar 1).

 

Apabila anda memasukkan dua kata atau lebih, Google akan mencari dua kata tersebut dengan operator AND, yaitu Google akan terlebih dahulu mencari halaman yang berhubungan dengan dua kata tersebut, kemudian barulah halaman yang berhubungan dengan masing-masing kata yang telah dimasukkan. Anda juga dapat menempatkan beberapa kata yang membentuk sebuah frase diantara tanda petik (“) dalam pencarian anda, sehingga hasil pencarian hanya menampilkan halaman yang memiliki frase yang anda cari, bukannya bagian dari frase tersebut.

 

Google secara otomatis akan mengabaikan kata-kata yang terlalu umum dalam bahasa Inggris, seperti “who” dan “where”, demikian juga dengan huruf atau angka tunggal. Kata-kata ini disebut stop words. Bagaimana jika anda ingin mencari situs yang memiliki kata-kata seperti ini ? Caranya cukup tambahkan karakter “+” pada stop words ini. Jadi jika anda ingin mencari halaman yang berhubungan dengan situs film StarWars Episode I, masukkan “Episode +I” pada kotak pencarian.

 

2.    Membatasi hasil pencarian

 

Apabila anda ingin membatasi hasil pencarian anda, anda dapat tambahkan karakter “-“ pada awal kata yang tidak ingin anda temukan. Misal anda ingin mencari kata “bass” yang tidak berkaitan dengan kata “music”, masukkan “bass –music” pada kotak pencarian.

 

3.    Mencari dengan kategori

 

Anda sudah mengetahui informasi yang anda inginkan termasuk dalam kategori tertentu ? Masuk saja ke http://directory.google.com (lihat gambar 2). Google Web Directory ini akan memberikan informasi dalam bentuk terstruktur, sehingga sangat berguna bagi anda yang memiliki gambaran umum akan suatu informasi, kemudian dengan bantuan direktori ini anda dapat melangkah lebih dalam.

 

4.    Mencari sesuatu dalam batasan sebuah situs

 

Anda mengetahui sebuah situs yang berisi informasi yang anda inginkan, namun anda tidak tahu di sebelah manakah ia berada ? Anda dapat menggunakan search engine Google untuk mencari informasi spesifik pada sebuah situs. Caranya adalah dengan menggunakan tambahan kata “site:” sambil memasukkan situs yang anda yakini berisi informasi. Sebagai contoh, apabila anda ingin mencari semua informasi pendaftaran (admission) pada situs www.itb.ac.id , cukup masukkan “admission site:www.itb.ac.id” pada kotak pencarian.

 

5.    Mencari file PDF

 

Sepanjang pengetahuan penulis, hanya search engine Google sajalah yang mampu memberikan hasil pencarian berupa dokumen PDF (Portable Document Format). Apabila informasi yang anda cari tersimpan dalam sebuah dokumen PDF, niscaya Google akan dapat menemukannya. Dokumen PDF akan ditandai dengan tulisan “[PDF]” pada judul halaman yang ditemukan (lihat gambar 3).

 

6.    Mencari Harga Saham di Bursa Saham Amerika

 

Bagi anda yang membutuhkan informasi harga saham perusahaan tertentu di bursa saham Amerika seperti NYSE, NASDAQ dan AMEX, anda dapat dengan cepat memasukkan kode perusahaan yang terdaftar kedalam search engine Google. Sebagai contoh, apabila anda memasukkan kata kunci “MSFT”  dalam kotak pencarian, Google akan mengenali kata “MSFT” sebagai kode bagi perusahaan Microsoft Corp. (lihat gambar 4) dan segera memberikan link menuju situs yang memiliki informasi mengenai perkembangan harga saham perusahaan tersebut.

 

7.    Melihat link cached

 

Kadangkala situs yang berisi informasi yang anda inginkan telah mati atau sudah dipindah dari link lain, sehingga anda tidak mampu melihat isi situs tadi. Apabila anda menggunakan search engine lain, maka anda tidak akan dapat melihat lagi situs tersebut, tetapi dengan menggunakan search engine Google, maka anda masih diberi kesempatan untuk melihat tampilan terakhir situs tersebut sebelum ia tidak dapat diakses.

 

Search engine Google menyimpan sebuah ”snapshot” situs yang terindex. Dengan menggunakan link “cached” pada hasil search Google, anda dapat melihat isi situs web sewaktu di-index oleh Google (lihat gambar 5). Ketika halaman “cached” ini ditampilkan, muncul header pada bagian atas yang menunjukkan bahwa ini bukanlah situs web itu sendiri, melainkan halaman yang tersimpan di search engine Google.

 

8.    Melihat situs lain yang relevan (GoogleScout)

 

Jika anda ingin mencari situs web lain yang relevan dengan hasil pencarian yang baru saja anda lakukan, pilih link “Similar Pages”. Similar Pages dijalankan dengan teknologi GoogleScout (lihat gambar 6).

Ini berguna jika anda sudah mendapatkan sebuah informasi produk, namun ingin mencari informasi lainnya yang relevan sebagai bahan perbandingan. Ini juga berguna apabila anda telah mengetahui sebuah situs yang memiliki informasi yang anda inginkan, namun anda ingin mencari situs lainnya untuk dijadikan tambahan informasi. Apabila anda tertarik meneliti suatu bidang tertentu, anda dapat menggunakan GoogleScout untuk mencari informasi yang berkaitan tanpa perlu lagi memikirkan kata kunci apa yang digunakan.

 

9.    Mencari siapa yg melink ke anda

 

Ada sebuah kasus dimana seorang webmaster ingin mengetahui situs apa saja yang me-link halaman yang ia kelola. Ia dapat menggunakan search engine Google untuk melihat informasi tersebut. Caranya cukup dengan memasukkan kata “link:” disertai dengan nama situs web yang diinginkan.  Sebagai contoh, apabila anda memasukkan “link:www.itb.ac.id” pada kotak pencarian, akan muncul halaman-halaman yang me-link situs www.itb.ac.id.

 

10.                       I’m Feeling Lucky

 

Sudah bosan mencari dan mencari ? Gunakan tombol “I’m Feeling Lucky” setelah anda memasukkan kata kunci yang anda inginkan. Dengan segera anda akan langsung dibawa ke situs relevan pertama yang dicatat oleh Google tanpa melihat hasil pencarian lainnya. Tombol “I’m Feeling Lucky” sangat berguna jika anda ingin mengetahui sebuah situs resmi (official site). Sebagai contoh, apabila anda ingin mengetahui situs resmi Institut Teknologi Bandung, cukup masukkan kata kunci “ITB”, lalu tekan tombol “I’m Feeling Lucky”. Segera anda akan dibawa ke situs resmi ITB di http://www.itb.ac.id. 

 

11.                       Definisi Kamus berbahasa Inggris

 

Mungkin suatu hari anda penasaran dengan kata kunci yang anda gunakan. Ingin mencari artinya dengan menggunakan kamus ? Cukup gunakan search engine Google. Apabila kata kunci anda berhasil dikenali, search engine Google akan me-link kata kunci anda (lihat gambar 7) dan melemparkannya kepada penyedia jasa kamus on-line, salah satunya adalah www.dictionary.com . Jika anda meng-klik link tersebut, anda akan dibawa ke situs penyedia jasa kamus on-line, dan anda dapat melihat definisi kata kunci anda.

 

12.                       Tema Spesifik

 

Google menawarkan beberapa pencarian yang lebih spesifik untuk beberapa bidang, diantaranya adalah University Search, US Government Search, Linux Search, BSD Search dan Apple Macintosh Search.

 

University Search memungkinkan sebuah universitas yang memiliki situs web untuk mendaftarkan dirinya ke Google, dan Google akan menyediakan kotak pencarian yang hanya akan menyediakan informasi dari universitas tersebut. Daftar universitas yang memiliki University Search dapat dilihat di http://www.google.com/options/universities.html.

 

Search spesifik lainnya adalah US Government Search (www.google.com/unclesam), Linux Search (www.google.com/linux), BSD Search (www.google.com/bsd) dan Apple Macintosh Search (www.google.com/mac).

 

13.                       Google Toolbar™

 

Agar anda dapat melakukan pencarian tanpa harus mengetikkan www.google.com pada browser anda, anda dapat menggunakan Google Toolbar™. Google Toolbar tersedia secara gratis bagi pengguna Internet Explorer 5.0 dengan sistem operasi Windows.

 

Dengan menggunakan Google Toolbar, anda cukup memasukkan kata yang ingin anda cari ke dalam kotak pencarian pada Google Toolbar, dan hasil pencarian dari Google akan muncul pada web browser anda (lihat gambar 8).